Popular posts

Pengunjung

Suara Hati

Suara Hati
Lugas, Tajam, Menggugah Inspirasi Rakyat

Advertisement




The Power Of Minds


Contributors

Unknown On Saturday, October 19, 2013


kemiskinan-pemiskinan-jamsosratu
suarahationline - Pem Prov Banten meluncurkan program program jaminan sosial rakyat bersatu (jamsosratu) untuk mengatasi kemiskinan di daerah tersebut.
"Pemprov meluncurkann program jamsosratu, dan diharapkan dapat memutus 'mata rantai' kemiskinan sehingga ke depan waga miskin diatasi, atau paling tidak tekan," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nadi Mulya Sarip di Rangkasbitung, Kamis.
Saat menghadiri pencairan dana jamsosratu di Kantor Pos Rangkasbitung, Nani menyatakan program tersebut diharapkan menjadikan unggulan Provinsi Banten untuk mengatasi masalah kemiskinan.
Program jamsosratu, kata dia, memberikan bantuan kepada rumah tangga sangat miskin (RTSM) berupa uang sebesar Rp1,5 juta.
Dana sebesar itu dengan masa pencairan setiap empat bulan atau tiga tahap dalam setahun,, yakni masing-mnasing sebesar Rp500 ribu, dengan peruntukan bagi akses pelayanan kesehatan dan pendidikan.
Selain itu juga asuransi kesejahteraan sosial, diantaranya jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematia
n (JK).
Namun demikian, program jamsosratu memiliki kewajiban antara lain adalah seluruh RTSM yang mempunyai ibu hamil/nifas harus memeriksakan kehamilan juga proses kelahiran ditangani tenaga medis.
Selanjutnya, bila memiliki balita 0-5 tahun wajib dibawa ke posyandu untuk diperiksa kesehatannya dan diberikan vitamin.
Di samping itu bagi RTSM yang mempunyai anak yang sedang melangsungkan pendidikanya pada jenjang SD sampai SMA dengan kehadiran 80 persen selama setahun ajaran.
RTSM, juga harus menabung minimal Rp5.000 setiap bulan untuk mengikuti pembinaan dan pengembangan peserta jamsosratu.
"Dengan program jamsosratu ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan hidup sehat juga anak-anak mereka bisa mengenyam pendidikan 12 tahun," katanya.
Ia menyebutkan program jamsosratu di Provinsi Banten tahun 2012 dialokasikan sebanyak 2.000 RTSM tersebar di delapan kabupaten/kota.
"Saya kira program Jamsosratu ini tidak tumpang tindih dengan Program Harapan Keluarga (PKH)," katanya.
Asih (40), warga Desa Sidomanik Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak mengaku bahwa dirinya lega menerima uang jamsosratu sebesar Rp500 ribu, sehingga bisa membeli keperluan peralatan sekolah anaknya.
Pihaknya awalnya bingung karena dua anaknya yang duduk dibangku SMP berkali-kali minta dibeliin sepatu dan tas buku.
Namun, dirinya bernafas lega setelah menerima pencairan jamsosratu di Kantor Pos Rangkasbitung bisa membelikan kebutuhan perlengkapan sekolah itu.
"Kami sangat terbantu dengan program jamsosratu yang digulirkan Pemprov Banten," katanya.
Berdasarkan pantauan ratusan warga penerima jamsosratu memadati Kantor Pos Rangkasbitung untuk menerima pencairan tahap pertama sebesar Rp500 ribu per RTSM.
Bantuan uang tersebut berjalan aman dan tertib meskipun terjadi penumpukan warga penerima RTSM.
"Kami minta warga yang menerima program jamsosratu tertib dan kondusif," katanya.(DM)




suarahationline

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Menyelenggarakan kelas Keyboard - Guitar - Vocal.
  •   Pelatihan Jurnalistik untuk Sekolah, adalah program Khusus  untuk  pelajar mulai dari tingkat SD,SM P dan SMA/Sederajat,Guru, atau Pelaku /Staf kehumasan/Kesekretariatan, sehingga  Melalui  pelatihan jurnalistik ini.
  • Kami Redaksi Tabloid Suara Hati akan menyelenggarakan platihan , yang akan
di selenggarakan pada hari kerja.
  • tidak ada unsurmistik /klenik ,murni ilmiah anda cukup olah nafas & olahraga saja dapatkan kemampuan utk : melihat alam goib,deteksi benda gaib,jimat,mahluk halus di sekitar rumah anda,melihat penghuni gaib laut ,deteksi aura seseorang,dll.